Fungsi Menu Formulas di Microsoft Excel, Nggak Bakal Nyangka Ternyata Berpengaruh Besar Terhadap Pengolahan Data (Dok. Tangkapan Layar YT/ Talita Tutorial) |
Jember Terkini - Fungsi menu Formulas di Microsoft Excel sebenarnya sangat banyak dan bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan.
Apa fungsi menu Formulas pada Microsoft Excel? Fungsi menu ini berkaitan erat dengan pengolahan data.
Pengertian menu Formulas pada Excel sebenarnya bisa diketahui hanya dengan mencoba fitur secara keseluruhan.
Fungsi Menu Formulas di Microsoft Excel yang Jarang Diketahui
Dilansir Jember Terkini dari Blogger Toraja, berikut ini fungsi menu Formulas di Microsoft Excel yang harus diketahui:
1. Function Library
Function Library adalah kumpulan berbagai fungsi yang dapat digunakan di lembar kerja Excel.
Fungsi-fungsi ini memudahkan pengguna dalam melakukan perhitungan matematis, finansial. Berikut ini isi elemen function Library:
- Insert Function: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan dan mengedit rumus pada sel aktif.
- AutoSum: AutoSum adalah cara cepat untuk menjumlahkan nilai dalam sel yang dipilih.
- Recently Used: Fitur ini memudahkan pengguna dengan memberikan akses cepat ke fungsi yang terakhir kali digunakan.
- Financial: Bagi pengguna yang membutuhkan fungsi terkait perhitungan finansial, fitur ini menyediakan berbagai fungsi finansial penting.
Baca Juga: Cara Print PPT Bolak Balik PPT Hasil Berkualitas Cocok untuk Bahan Persentasi
- Logical, Text, Date & Time: Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsi logika (misalnya, IF) manipulasi teks (misalnya, LEFT, RIGHT)
- Lookup & References : Fungsi ini memudahkan pencarian data dan referensi antar sel. Misalnya, fungsi VLOOKUP atau INDEX.
- Math & Trig: Menyediakan berbagai rumus matematika dan trigonometri, seperti penjumlahan, pembagian, dan fungsi trigonometri lainnya.
Baca Juga: Cara Menghapus Recent Documents di Excel, Cukup Mudah Hanya dengan 3 Langkah
- More Functions: Jika pengguna tidak menemukan fungsi yang dibutuhkan, mereka dapat mencari lebih banyak fungsi lainnya melalui opsi ini.
2. Defined Names
Fitur Defined Name memungkinkan pengguna untuk memberi nama pada sel atau rentang sel, yang kemudian bisa digunakan dalam rumus atau referensi.
Berikut ini sejumlah elemen yang terdapat pada grup Defined Named:
- Name Manager: Dengan fitur ini, pengguna dapat mengelola nama-nama yang telah ditetapkan pada sel atau rentang tertentu.
- Define Name: Fungsi ini digunakan untuk memberikan nama pada satu atau lebih sel lebih spesifik.
- Use in Formula: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan nama yang telah didefinisikan ke dalam rumus yang sedang dibuat.
-Create From Selection:Fungsi ini memungkinkan pembuatan nama secara otomatis berdasarkan data yang telah dipilih.
3. Formula Auditing
Fitur Formula Auditing digunakan untuk membantu pengguna memverifikasi dan men-debug rumus di Excel.
Dalam fungsi ini, terdapat beberapa manfaat yang meliputi poin berikut ini:
- Trace Precedents:Fungsi ini menunjukkan sel-sel mana yang mempengaruhi nilai sel yang dipilih.
- Trrace Dependents: Trace Dependents menunjukkan sel-sel yang dipengaruhi oleh nilai dalam sel yang dipilih.
- Remove Arrows: Digunakan untuk menghapus panah yang ditampilkan oleh fitur Trace Precedents atau Trace Dependents.
- Show Formulas: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat rumus yang ada di sel, bukan hasil perhitungan.
- Error Checking: Dengan fitur ini, Excel akan memeriksa apakah ada kesalahan umum dalam rumus yang digunakan.
Baca Juga: Cara Cepat Belajar PivotTable di Excel Untuk Pemula, Bisa Langsung Bisa Tanpa Kursus Tambahan
- Evaluate Formula: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memecah rumus menjadi bagian-bagian lebih kecil.
Kesimpulan
Fungsi menu Formulas di Microsoft Excel sangat beragam dan meliputi beberapa poin seperti keterangan di atas.
Baca Juga : Cara Menyimpan File di Google Drive dari HP Atau Komputer, Proses Kilat dalam Satu Kali Upload
Dengan memanfaatkan fungsi-fungsi ini, pengguna dapat lebih mudah melakukan perhitungan, mengelola data dan lain-lain.***