Fungsi Ikon pada Microsoft Excel yang Jarang Orang Tau, Nggak Nyangka Ternyata Punya Peran Sepenting Ini (Dok. Tangkapan Layar YT/ Ekonomi Wahyoe77) |
Jember Terkini - Fungsi ikon pada Microsoft Excel sebenarnya bisa diketahui hanya dengan membuka beberapa fiturnya.
Gambar icon Microsoft Excel biasanya melambangkan sejumlah fungsi yang bisa dirasakan oleh pengguna.
Jadi, penting bagi Anda memahami fungsi Ikon pada Microsoft Excel dan gambarnya untuk memudahkan penggunaan.
Ragam Fungsi Ikon pada Microsoft Excel
Dilansir Jember Terkini dari laman wordpress, berikut ini fungsi Ikon pada Microsoft Excel yang wajib diketahui:
1. Menu File
Menu ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tindakan pengelolaan berkas seperti membuka (open), menyimpan (save), menutup (close), dan mencetak (print) dokumen.
Selain itu, menu ini juga menyediakan opsi untuk mengimpor data dari sumber eksternal, seperti file CSV, database, dan lainnya.
Baca Juga: Cara Print PPT Bolak Balik PPT Hasil Berkualitas Cocok untuk Bahan Persentasi
2.Menu Home
Menu Home adalah menu kedua yang dapat ditemukan pada bilah menu Excel, dan berfungsi untuk melakukan pemformatan dasar pada dokumen.
Beberapa opsi yang tersedia di dalam menu ini termasuk pemformatan font (jenis, ukuran, warna), pemformatan bersyarat, serta pengaturan jenis angka.
3. Menu Insert
Seperti namanya, menu Insert memungkinkan pengguna untuk menambahkan berbagai elemen dan objek ke dalam spreadsheet.
Baca Juga: Cara Menghapus Recent Documents di Excel, Cukup Mudah Hanya dengan 3 Langkah
Elemen yang bisa disisipkan melalui menu ini antara lain adalah tabel pivot, grafik (chart), gambar, clip art, bentuk (shapes), tangkapan layar (screenshot), dan banyak lagi.
4. Menu Page Layout
Page Layout untuk mengatur berbagai aspek tata letak halaman yang akan dilihat atau dicetak.
Di dalam menu ini, Anda dapat mengonfigurasi ukuran halaman, margin, orientasi halaman, dan warna tema.
5. Menu Formula
Menu Formula adalah tempat di mana semua rumus dan fungsi pengolahan data berada. Excel menyediakan berbagai jenis rumus.
Rumus yang ditawarkan membantu dalam pengolahan angka dan data, seperti rumus untuk keuangan, logika, teks, tanggal dan waktu.
6. Menu Data
Opsi menu data adalah tempat yang berisi berbagai fungsi penting untuk bekerja dengan data.
Di dalamnya, Anda dapat melakukan impor data dari sumber eksternal, mengatur koneksi dengan database, serta melakukan pengurutan dan penyaringan data.
7. Review
Review di Excel berfokus pada kolaborasi dan pemeriksaan dokumen. Anda dapat menambahkan komentar pada sel untuk memberi catatan.
Selain itu, menu ini memungkinkan Anda untuk membatasi izin akses ke dokumen tertentu, sehingga mampu memberikan kontrol lebih dalam pengelolaan kolaborasi.
8. Spreadsheet
Menu View memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bagaimana spreadsheet ditampilkan di layar.
Anda dapat memilih untuk menampilkan atau menyembunyikan garis kisi (grid lines), bilah rumus, dan header/judul kolom dan baris.
Kesimpulan
Fungsi ikon pada microsoft excel dapat diketahui hanya dengan melihat logo dari fungsi yang sedang dicari.
Baca Juga: Cara Cepat Belajar PivotTable di Excel Untuk Pemula, Bisa Langsung Bisa Tanpa Kursus Tambahan
Berbagai menu di Excel, pengguna dapat dengan mudah mengelola dan memanipulasi data, membuat laporan, serta berkolaborasi.***