TpMlGUr8GSM9GpOiTSM6TSO0TY==

Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja di Excel, Hasilnya Udah Pasti Akurat Cocok Buat Rekapan Akhir Bulan

Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja di Excel, Hasilnya Udah Pasti Akurat Cocok Buat Rekapan Akhir Bulan
Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja di Excel, Hasilnya Udah Pasti Akurat Cocok Buat Rekapan Akhir Bulan
(Dok.  Tangkapan Layar YT/ Excel dan Musik)

Jember Terkini - Cara menghitung jumlah hari kerja di Excel dapat ditempuh instansi untuk membuat rekapan setiap akhir bulan. 

Menghitung hari kerja di Excel dapat ditempuh dengan memanfaatkan keberadaan rumus tertentu. 

Rumus menghitung jumlah hari kerja umumnya diterapkan untuk mengetahui kehadiran seorang dalam instansi ataupun perusahaan. 

Baca Juga: Cara Print PPT Bolak Balik PPT Hasil Berkualitas Cocok untuk Bahan Persentasi

Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja di Excel yang Cepat dan Tepat

Dilansir Jember Terkini dari laman Advance Inovation, berikut ini cara menghitung jumlah hari kerja di Excel yang tepat dan akurat:

1. Persiapkan Tabel

Langkah pertama adalah membuat tabel yang terstruktur dengan baik di lembar kerja Excel. 

Tabel ini harus mencakup kolom-kolom penting seperti nama karyawan, tanggal mulai bekerja, tanggal saat ini, dan kolom untuk hasil perhitungan jumlah hari kerja. 

Baca Juga: Cara Menghapus Recent Documents di Excel, Cukup Mudah Hanya dengan 3 Langkah

Pastikan data yang Anda masukkan akurat sehingga hasil dapat dijadikan patokan. 

2. Gunakan Fungsi NETWORKDAYS

Untuk menghitung hari kerja, Excel menyediakan fungsi NETWORKDAYS. Fungsi ini menghitung jumlah hari kerja antara dua tanggal. 

Sintaksis yang digunakan adalah untuk menghitung jumlah hari kerja yakni:

=NETWORKDAYS(start_date, end_date)

Baca Juga: Rumus DATEDIF di Excel: Menghitung Selisih Tanggal dengan Tepat dan Akurat dalam 2 Menit Pasti Langsung Selesai

3. Pertimbangkan Hari Libur atau Ketidakhadiran

Fungsi NETWORKDAYS memungkinkan Anda untuk memasukkan parameter tambahan berupa daftar tanggal libur atau hari tidak bekerja.

Hal ini membuat Anda bisa memasukkannya dalam sebuah tabel terpisah dengan Sintaksisnya menjadi:

=NETWORKDAYS(start_date, end_date, holidays)

Holidays adalah daftar tanggal yang berisi hari-hari libur atau ketidakhadiran karyawan.

Baca Juga: Rumus IF Menentukan Lulus dan Tidak Lulus di Excel, Cukup Praktis Nggak Perlu Pakai Alternatif Manual

4. Kunci Rumus Agar Tidak Berubah

Agar rumus yang Anda buat tetap konsisten dan tidak berubah saat disalin ke sel lainnya, Anda bisa menggunakan fitur kunci rumus dengan menekan tombol F4. 

Hal ini akan mengunci referensi sel dalam rumus, mencegah perubahan yang tidak diinginkan saat rumus disalin.

Jika tidak dikunci, hasil berpotensi berubah yang membuat rekapan hari kerja salah total. 

Baca Juga: Cara Menggabungkan Beberapa Kolom Teks Jadi Satu di Excel dengan 2 Menu Fungsi, Bikin Anda Nggak Perlu Ngetik Manual Lagi

5. Sesuaikan dengan Hari Kerja di Perusahaan

Perlu diingat bahwa fungsi NETWORKDAYS secara default menganggap bahwa hari kerja adalah Senin hingga Jumat. 

Jika di perusahaan Anda memiliki jadwal kerja yang berbeda, Anda bisa menyesuaikan rumus atau menggunakan fungsi lain. 

Hal ini tergantung spesifik sesuai dengan kebijakan hari kerja di tempat Anda bekerja. 

Baca Juga: Fungsi Rumus VLOOKUP di Excel dan Contoh Penggunaannya dalam Kehidupan, Nggak Nyangka Ternyata Sering Dijumpai Tiap Hari

Kesimpulan 

Cara menghitung jumlah hari kerja di Excel bisa menggunakan rumus NETWORKDAYS. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menghitung hari kerja dengan lebih cepat dan akurat di Excel.

Baca Juga: Cara Cepat Belajar PivotTable di Excel Untuk Pemula, Bisa Langsung Bisa Tanpa Kursus Tambahan

Hal ini tentu akan membantu dalam mengelola absensi karyawan atau manajemen waktu secara lebih efisien.***

Konten berikut adalah iklan otomatis yang ditampilkan oleh Advernative. JemberTerkini.ID tidak terkait dengan materi konten ini.

Ketik kata kunci lalu Enter

close