TpMlGUr8GSM9GpOiTSM6TSO0TY==

Fungsi Page Layout di Microsoft Excel, Bisa Ubah Tema hingga Atur Font agar Terlihat Lebih Menarik Perhatian

Fungsi Page Layout di Microsoft Excel, Bisa Ubah Tema hingga Atur Font agar Terlihat Lebih Menarik Perhatian
Fungsi Page Layout di Microsoft Excel, Bisa Ubah Tema hingga Atur Font agar Terlihat Lebih Menarik Perhatian
(Dok. Tangkapan Layar YT/ Talita Tutorial)

Jember Terkini - Fungsi page layout di Microsoft Excel tidak dapat dipisahkan dari sejumlah aktivitas penting sehari-hari.

Menu page layout pada Microsoft Excel tidak hanya berguna untuk mengatur layout tetapi juga menyempurnakan dokumen.

Anda wajib memahami menu page layout dan fungsinya sehingga pemanfaatan jauh lebih optimal.

Baca Juga: Cara Mengetik Angka di Excel Menggunakan Rumus, Berhitung jadi Lebih Cepat dan Hasil Pasti Akurat

Ragam Fungsi Page Layout di Microsoft Excel

Dilansir Jember Terkini dari laman Sampoerna University, berikut ini elemen dan fungsi page layout di Microsoft Excel:

1. Themes

Fitur themes di dalam page layout memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan keseluruhan dokumen, termasuk tema, warna, jenis font, dan efek visual.

Dengan memilih tema yang sesuai, dokumen akan tampil lebih menarik dan seragam tanpa perlu mengatur detail satu per satu. 

Baca Juga: Cara Membuat Kolom dan Garis Tanda Tangan di Excel, Cukup Praktis dengan Fitur Ini Dijamin Hasil Lebih Simetris dan Enak Dipandang

2. Page Setup

Menu page setup berfungsi untuk mengatur elemen-elemen dasar dari sebuah halaman dokumen. 

Pengguna bisa mengubah ukuran kertas (A4, Letter, dsb.) dan menentukan orientasi halaman (potrait atau landscape). 

3. Page Background

Page background berfungsi untuk menambahkan elemen dekoratif pada halaman, seperti latar belakang warna, gambar, atau border. 

Baca Juga: Cara Membuat Garis di Microsoft Excel, Cukup Mudah dan Tersedia Berbagai Pilihan Bentuk hingga Warna yang Bikin Orang Nggak Bakal Bosen

Di dalam kategori ini, terdapat beberapa fitur tambahan seperti watermark (tanda air), page color (warna latar belakang), dan page border.

4. Paragraph

Kategori paragraph digunakan untuk mengatur jarak antar baris, indentasi, dan pengaturan spasi dalam paragraf.

 Fitur ini sangat berguna untuk memastikan bahwa dokumen yang dibuat memiliki format yang rapi dan sesuai dengan kaidah penulisan yang baik.

Baca Juga: Cara Kirim Tabel Excel ke Whatsapp, Tidak Perlu Aplikasi Tambahan Laporan Bisa Diakses ke Semua Perangkat Tanpa Batasan

5. Arrange

Arrange dalam page layout berkaitan dengan pengaturan posisi objek di dalam dokumen, seperti gambar atau bentuk lainnya. 

Menu ini memungkinkan pengguna untuk mengubah posisi objek, memindahkannya ke depan atau ke belakang teks, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Fungsi page layout di Microsoft Excel cukup banyak dan terdiri dari sejumlah elemen yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Cara Mengubah Font Default di Microsoft Word, Excel, Powerpoint, Cukup Praktis dan Bikin Hasil Tampak Lebih Eksis Meskipun Dibuat dengan Gratis

Page layout adalah alat yang sangat berguna dalam pengolahan dokumen yang memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan dan struktur halaman.

Dengan pengaturan tepat, data Excel yang tengah diolah dapat terlihat lebih menarik dan sempurna sebelum dicetak.***

Konten berikut adalah iklan otomatis yang ditampilkan oleh Advernative. JemberTerkini.ID tidak terkait dengan materi konten ini.

Ketik kata kunci lalu Enter

close