Fungsi Menu View pada Microsoft Excel yang Jarang Orang Tau, Ternyata Cukup Penting dalam Olah Data (Dok. Tangkapan Layar YT/ Talita Tutorial) |
Jember Terkini - Fungsi menu view pada Microsoft Excel jarang sekali diketahui oleh orang-orang.
Ikon pada menu view terdapat pada bagian atas tengah yang bisa diketahui ketika membuka aplikasi Microsoft Excel.
Sebenarnya fungsi menu view pada Microsoft word dan Excel hampir mirip-mirip sehingga pemanfaatan sama.
Baca Juga: Cara Menghapus Nama Belakang di Excel Secara Otomatis, Nggak Perlu Lagi Ribet Perbaiki Data
Mengenal Fungsi Menu View pada Microsoft Excel
Dilansir Jember Terkini dari laman Scribd, fungsi menu view dapat digunakan untuk melihat dokumen yang dibuat.
Berikut ini sejumlah fungsi tab pada tab view yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah data atau dokumen sesuai kebutuhan:
1. Normal View (Tampilan Normal)
Tampilan Normal adalah tampilan default di Excel yang memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan spreadsheet seperti biasa.
Baca Juga: Begini Rumus RSD di Excel, Pahami Konsep Dasar Serta Ikuti Langkah Berikut untuk Cara Menghitungnya
Dalam tampilan ini, kamu dapat mengedit, memasukkan data, serta menggunakan formula dengan tampilan grid standar tanpa gangguan.
2. Page Layout View (Tampilan Tata Letak Halaman)
Tata Letak Halaman memberikan pandangan yang lebih mirip dengan hasil cetakan dokumen. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat lembar kerja Excel.
Hal ini sangat berguna ketika kamu perlu mempersiapkan laporan atau dokumen yang akan dicetak.
Baca Juga: Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel! Mudah dan Praktis Tanpa Harus Les Private
3. Page Break Preview (Pratinjau Pemisah Halaman
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengatur pemisah halaman pada dokumen Excel.
Anda bisa melihat batas antara halaman satu dengan halaman lainnya, serta memindahkan pemisah halaman jika diperlukan.
4. Freeze Panes (Bekukan Panel)
Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk "membekukan" bagian-bagian tertentu dari lembar kerja, seperti baris header atau kolom pertama.
Menu ini sangat berguna ketika kamu bekerja dengan data yang panjang atau lebar, sehingga kolom atau baris penting tetap terlihat.
5. Split (Pecah Layar)
Dengan opsi ini, pengguna dapat membagi layar Excel menjadi beberapa bagian. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melihat berbagai bagian lembar kerja
Fitur Split ini juga dapat diatur agar memisahkan baris atau kolom tertentu, memberikan tampilan yang lebih fleksibel.
Baca Juga: Cara Menggunakan NewPipe untuk Download Video YouTube, Hasil Bisa Langsung Tersimpan ke Galeri
6. Headings (Judul Kolom dan Baris)
Dalam menu View, terdapat opsi untuk menampilkan atau menyembunyikan judul kolom (A, B, C, ...) dan baris (1, 2, 3, ...).
Fitur ini bermanfaat jika kamu bekerja dengan data yang besar dan ingin menyembunyikan bagian-bagian tersebut untuk mengurangi kerumitan tampilan.
7. Zoom
Menu View juga memiliki opsi untuk mengatur tingkat zoom pada tampilan lembar kerja.
Pengguna dapat memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja untuk menyesuaikan kenyamanan saat bekerja.
8. Show/Hide (Tampilkan/Sembunyikan
Show memungkinkan pengguna untuk menampilkan atau menyembunyikan elemen-elemen tertentu di dalam lembar kerja, seperti toolbar, ruler, atau scrollbar.
Baca Juga: Cara Ganti Foto Profil Instagram hingga Buat Avatar, Jangan Sampai Salah Biar Followers Makin Nambah
Dengan begitu, futur ini memberikan kontrol lebih besar atas elemen mana yang ingin kamu lihat atau sembunyikan sesuai dengan kebutuhan kerja.
Kesimpulan
Fungsi menu view pada Microsoft Excel merupakan salah satu fungsi tab yang berguna untuk menampilkan dokumen.
Baca Juga: Cara Mengirim Voice Note Pesan Suara di Telegram untuk Pengguna Android dan IOS
Dalam menu tersebut terdapat beberapa tampilan mulai dari page view hingga page break yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.***