TpMlGUr8GSM9GpOiTSM6TSO0TY==

Perahu Nelayan "Putri Arum" Ditemukan Terdampar di Pulau Nusa Barong, Nasib Penumpang Belum Diketahui

Perahu Nelayan "Putri Arum" Ditemukan Terdampar di Pulau Nusa Barong, Nasib Penumpang Belum Diketahui. Dok/ Ist


Jember Terkini - Sebuah perahu nelayan tanpa awak ditemukan terdampar di sisi utara Pulau Nusa Barong, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, pada Minggu (6/10/2024). 

Perahu berjenis speedboat berwarna kuning dengan tulisan "Putri Arum" tersebut pertama kali ditemukan oleh dua nelayan, Ali Mukhsin dan Ahmadi, warga Desa Mayangan, Kecamatan Gumuk Mas, saat mereka berlindung dari angin kencang di Teluk Penjaringan.

"Saat itu kami sedang berlindung dari angin kencang, tiba-tiba melihat perahu terdampar di Teluk Penjaringan," ujar Ali Mukhsin saat dihubungi. 

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Betis Kiri Terasa Nyeri, Hindar Aktivitas Ini Jika Tak Ingin Mengalaminya

Ali dan Ahmadi kemudian berusaha mencari sinyal telepon seluler untuk melaporkan kejadian tersebut kepada petugas di darat.

Laporan tersebut diterima oleh Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Jember. 

"Kami menerima laporan dari beberapa nelayan terkait adanya penemuan perahu jenis speed di Pulau Nusa Barong," ungkap KBO Satpolair Polres Jember, Aiptu Agus Riyanto.

Baca Juga: Kejati Jatim Bidik Tersangka Korupsi Kredit Fiktif di BNI Jember, Kerugian Negara Capai Ratusan Miliar

Berdasarkan identifikasi, perahu tersebut diketahui milik Haji Sumali, warga Dusun Mandaran, Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger. Hingga saat ini, keberadaan Haji Sumali masih belum diketahui.

Pencarian Terkendala Cuaca

Upaya pencarian terhadap penumpang perahu "Putri Arum" langsung dilakukan oleh nelayan setempat dan tim SAR lokal. Namun, Aiptu Agus Riyanto menyatakan bahwa operasi pencarian terkendala cuaca buruk. 

Baca Juga: Kaesang Pangarep Kunjungi Jember, Dukung Gus Fawait dalam Kampanye Pilkada 2024

"Karena cuaca masih tidak memungkinkan, besok akan kami lakukan operasi SAR terkait pencarian pemilik perahu," jelasnya.

Pihak Satpolair Polres Jember telah berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas), TNI Angkatan Laut, dan beberapa tim SAR lokal untuk melakukan operasi pencarian pada hari ini (7/10/2024).

Dugaan Sementara

Meskipun belum ada keterangan resmi dari pihak berwenang, beberapa spekulasi terkait penyebab terdamparnya perahu "Putri Arum" mulai bermunculan. 

Baca Juga: Otak Perampokan Rp400 Juta di Jember Ditangkap Usai Terjadi Baku Tembak

Dugaan sementara, perahu tersebut terhempas gelombang tinggi dan angin kencang yang melanda perairan Jember beberapa hari terakhir.

Hingga berita ini diturunkan, tim gabungan masih terus berupaya melakukan pencarian terhadap Haji Sumali.***

Disclaimer:

Berita ini telah tayang sebelumnya di detik.com di artikel berjudul Perahu Tak Berawak Terdampar di Pulau Nusa Barong Jember.

Konten berikut adalah iklan otomatis yang ditampilkan oleh Advernative. JemberTerkini.ID tidak terkait dengan materi konten ini.

Ketik kata kunci lalu Enter

close