TpMlGUr8GSM9GpOiTSM6TSO0TY==

Tak Hanya Datang untuk Mengenang Sejarah, Wisata Kampung Belgia di Jember Bisa Jadi Opsi Liburan Akhir Pekan Kalian

Tak Hanya Datang untuk Mengenang Sejara, Wisata Kampung Belgia di Jember Bisa Jadi Opsi Liburan Akhir Pekan Kalian. /Dok. Pemkab Jember

Jember Terkini - Puluhan rumah bergaya Belgia yang berjajar rapi di Dusun Sumberwadung, Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, kini telah diresmikan menjadi destinasi wisata baru bernama Wisata Kampung Belgia (WKB) oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto, pada Minggu (15/9/2024).

Lebih dari sekadar objek wisata, WKB menawarkan pengalaman unik untuk mengenang sejarah kolonialisme di Indonesia. 

Rumah-rumah, kantor, dan pabrik yang berdiri di area kebun Sumberwadung milik Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan ini merupakan peninggalan penjajah Belanda yang dibangun pada tahun 1910.

Baca Juga: Ingin Wisata Edukasi di Jember? Coba Lirik Museum Huruf Ini, Menjelajahi Aksara dari Berbagai Penjuru Dunia, Termasuk Nusantara

Hesti Utami, inisiator WKB, menjelaskan bahwa rumah-rumah tersebut kini dihuni oleh karyawan PDP Kahyangan. 

Meski telah berusia lebih dari satu abad, bangunan-bangunan ini masih kokoh berdiri dengan arsitektur khas Belgia: atap menjulang, langit-langit tinggi, dan tiang-tiang penyangga yang kokoh.

Bupati Hendy Siswanto dalam sambutannya mengagumi keunikan bangunan-bangunan tersebut yang tetap sejuk dan nyaman tanpa memerlukan pendingin ruangan.

Baca Juga: Sampai Viral di TikTok, Suasana Camping di Negeri Kahayangan Sidodadi Jember, Netizen: Ada yang Mau Nemenin Gak?

Selain rumah-rumah Belgia, WKB juga menawarkan daya tarik lain seperti sumber air yang tak pernah kering, bangunan-bangunan kuno bekas pabrik, rumah tua, kantor, dan berbagai peralatan kantor peninggalan penjajah. 

Semua ini berada di tengah-tengah area kebun Sumberwadung PDP Kahyangan, menciptakan perpaduan menarik antara wisata sejarah dan keindahan alam.

WKB diharapkan dapat menjadi destinasi wisata edukatif yang mengingatkan kita akan sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia sekaligus menawarkan pengalaman wisata yang berbeda.***

Konten berikut adalah iklan otomatis yang ditampilkan oleh Advernative. JemberTerkini.ID tidak terkait dengan materi konten ini.

Ketik kata kunci lalu Enter

close