TpMlGUr8GSM9GpOiTSM6TSO0TY==

Uang Kartal Adalah? Ini Perbedaannya dengan Uang Giral dan Digital!

Uang Kartal Adalah? Ini Perbedaannya dengan Uang Giral dan Digital!
Uang Kartal Adalah? Ini Perbedaannya dengan Uang Giral dan Digital!
(Dok. IG/ Vyona_68)

Jember Terkini - Uang Kartal adalah uang yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai alat transaksi sehari-hari berbentuk kertas ataupun logam. 

Uang giral adalah alat pembayaran berbentuk dokumen tersebut seperti ATM, Cek, giro.

Sementara uang digital adalah alat transaksi yang mengandalkan elektronik atau digitalisasi. 

Baca Juga: Ragam Tantangan dan Resiko dalam Implementasi Rupiah Digital!

Apa Perbedaan Uang Kartal dan Giral?

Dilansir dari Laman resmi Wikipedia, uang yang beredar di Indonesia ada tiga jenis. Berikut ini perbedaan antara uang kartal dan giral:

1. Bentuk Fisik 

Uang kartal memiliki bentuk fisik, yaitu uang kertas dan logam, sedangkan uang giral tidak memiliki bentuk fisik dan hanya tercatat sebagai saldo di rekening bank.

2. Cara Penggunaan

Uang kartal digunakan secara langsung dalam transaksi tunai, sementara uang giral digunakan dalam transaksi non-tunai melalui mekanisme perbankan seperti transfer atau pembayaran menggunakan kartu.

3. Penerbitan 

Uang kartal diterbitkan oleh bank sentral suatu negara, sementara uang giral diciptakan oleh bank komersial ketika mereka memberikan pinjaman atau menerima simpanan.

4. Cakupan Penggunaan 

Umumnya yang kartal digunakan untuk transaksi sehari-hari dalam jumlah kecil, sementara uang giral lebih sering digunakan untuk transaksi besar dan non-tunai.

Apa Perbedaan antara Uang Kartal dan Uang Digital?

Tidak hanya itu saja, uang kartal juga berbeda dengan digital. Berikut perbedaan keduanya yang mudah diketahui: 

1.Keberadaan Fisik

Uang kartal memiliki wujud fisik, sedangkan uang digital sepenuhnya berada dalam bentuk digital dan tidak memiliki representasi fisik.

2. Otoritas Penerbit

Uang kartal diterbitkan oleh bank sentral, sedangkan uang digital bisa diterbitkan oleh berbagai pihak, termasuk bank sentral (dalam bentuk CBDC) atau entitas lain seperti perusahaan teknologi (dalam bentuk mata uang kripto).

3. Keamanan

Uang digital sering dilindungi oleh teknologi kriptografi yang canggih, sedangkan uang kartal bergantung pada fitur keamanan fisik seperti watermark dan hologram.

4. Cakupan Penggunaan

Uang kartal umumnya digunakan untuk transaksi offline, sementara uang digital lebih umum digunakan dalam transaksi online atau melalui platform digital.

Baca Juga: Rekomendasi Game Penghasil Uang Langsung ke Dana Tanpa Iklan

Kesimpulan

Meskipun uang kartal, giral, dan digital semuanya berfungsi sebagai alat tukar dalam perekonomian, ketiganya memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda. 

Uang kartal tetap relevan dalam transaksi sehari-hari yang bersifat tunai, sementara uang giral mendukung transaksi non-tunai melalui perbankan. 

Uang digital, dengan fleksibilitas dan keamanannya, semakin populer seiring dengan meningkatnya aktivitas ekonomi digital.***

Konten berikut adalah iklan otomatis yang ditampilkan oleh Advernative. JemberTerkini.ID tidak terkait dengan materi konten ini.

Ketik kata kunci lalu Enter

close