TpMlGUr8GSM9GpOiTSM6TSO0TY==

Mengapa Beberapa Kota di Jawa Timuran seperti Situbondo, Jember, dan Lumajang Bahasa Madura Banyak digunakan Meski Letaknya Jauh dari Pulau Madura?

Mengapa Beberapa Kota di Jawa Timuran seperti Situbondo, Jember, dan Lumajang Bahasa Madura Banyak digunakan Meski Letaknya Jauh dari Pulau Madura

Jember Terkini - Mengapa beberapa kota di Jawa Timuran seperti Situbondo, Jember, dan Lumajang bahasa Madura banyak digunakan meski letaknya jauh dari Pulau Madura?

Di Jember pakai bahasa apa? Di daerah tersebut memakai bahasa Madura dan Jawa.

Jember Madura sendiri merupakan daerah dengan karakteristik dan letak wilayah cukup jauh. Kendati demikian kedua wilayah tersebut masih memiliki keterkaitan terutama dari segi historis.

Baca Juga: Apakah yang Menyebabkan Bahasa Madura di Kota Jember menjadi Bahasa Kelas 2

Alasan Sejumlah Wilayah Jawa Timuran Pakai Bahasa Madura 

Mengapa Beberapa Kota di Jawa Timuran seperti Situbondo, Jember, dan Lumajang Bahasa Madura Banyak digunakan Meski Letaknya Jauh dari Pulau Madura?
Mengapa Beberapa Kota di Jawa Timuran seperti Situbondo, Jember, dan Lumajang Bahasa Madura Banyak digunakan Meski Letaknya Jauh dari Pulau Madura?
(Dok. Ist)

Berikut ini faktor lain yang memicu bahasa Madura beredar di wilayah-wilayah di atas:

1. Sejarah dan Migrasi 

Sejak masa kolonial, orang-orang Madura telah bermigrasi ke berbagai wilayah di Jawa Timur untuk mencari peluang ekonomi, terutama di sektor pertanian, perkebunan, dan perdagangan.

Migrasi ini berlangsung secara berkelanjutan dan menghasilkan komunitas Madura yang besar di daerah-daerah seperti Situbondo, Jember, dan Lumajang.

2. Interaksi Sosial dan Pernikahan 

Campuran Seiring waktu, komunitas Madura di wilayah-wilayah tersebut terintegrasi dengan masyarakat lokal, melalui pernikahan campuran dan hubungan sosial lainnya. 

Hal ini menyebabkan bahasa Madura tetap hidup dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

3. Pengaruh Budaya dan Identitas 

Masyarakat Madura yang tinggal di luar Pulau Madura umumnya sangat mempertahankan budaya dan identitas mereka, termasuk penggunaan bahasa Madura. 

Ini membuat bahasa Madura tetap dominan di lingkungan mereka, bahkan ketika berada jauh dari Pulau Madura.

4. Lingkungan Sosial 

Di beberapa daerah, bahasa Madura menjadi lingua franca atau bahasa pergaulan sehari-hari di pasar, tempat kerja, dan lingkungan sosial lainnya. 

Ini memperkuat penggunaan bahasa Madura di daerah tersebut.

Baca Juga: Potensi Gempa Megathrust di Jember, 6 Kecamatan Ini Siaga Bencana, BPBD Jember: Sudah Survey Lokasi Alat Pendeteksi Tsunami

5. Geografis 

Dilansir Jember Terkini dari laman Kemendikbud, salah satu faktor yang menyebabkan bahasa Madura beredar di kota Situbondo, Jember hingga Lumajang lantaran wilayah tersebut majemuk. 

Hal inilah yang menyebabkan banyak masyarakat dari wilayah tersebut kerap menggunakan bahasa Madura. 

Kesimpulan 

Dengan demikian, meskipun Situbondo, Jember, dan Lumajang terletak jauh dari Pulau Madura, sejarah panjang migrasi dan interaksi sosial antara orang Madura dan penduduk lokal telah menyebabkan bahasa Madura tetap banyak digunakan di wilayah-wilayah ini.***

Konten berikut adalah iklan otomatis yang ditampilkan oleh Advernative. JemberTerkini.ID tidak terkait dengan materi konten ini.

Ketik kata kunci lalu Enter

close