TpMlGUr8GSM9GpOiTSM6TSO0TY==

Banyak yang Masih Bingung, Bagaimana Cara Anda Menyimpan Cryptocurrency dengan Aman?

Banyak yang Masih Bingung, Bagaimana Cara Anda Menyimpan Cryptocurrency dengan Aman?
Banyak yang Masih Bingung, Bagaimana Cara Anda Menyimpan Cryptocurrency dengan Aman?
(Dok. Ist)

Jember Terkini - Bagaimana cara Anda menyimpan cryptocurrency dengan aman? Hal tersebut sebenarnya tergantung dengan kenyamanan masing-masing individu.

Cara menyimpan bitcoin di hardisk ataupun flashdisk sebenarnya juga bisa dijadikan sebagai alternatif pertimbangan. 

Penyimpanan bitcoin atau cryptocurrency yang aman saat ini mudah diupayakan lantaran saat ini sudah banyak teknologi mumpuni. 

Baca Juga: Praktis dan Efektif, Ini Panduan Cara Daftar MetaTrader 5

Ragam Cara Menyimpan Cryptocurrency 

Menyimpan cryptocurrency dengan aman adalah langkah penting bagi siapa pun yang terlibat dalam dunia aset digital. Cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, dan lainnya merupakan target potensial bagi peretas karena sifatnya yang digital dan nilainya yang tinggi. Berikut adalah beberapa cara untuk menyimpan cryptocurrency dengan aman:

1. Gunakan Dompet Hardware (Hardware Wallet)

Dompet hardware adalah perangkat fisik yang menyimpan kunci privat Anda secara offline. Karena tidak terhubung ke internet, dompet ini sangat aman dari serangan siber. Dompet hardware seperti Ledger atau Trezor adalah pilihan populer di kalangan pengguna cryptocurrency.

2. Dompet Kertas (Paper Wallet)

Dompet kertas adalah selembar kertas yang berisi kunci privat dan alamat publik dalam bentuk QR code. Karena disimpan secara fisik dan tidak terhubung ke internet, dompet kertas sangat aman dari peretasan online. Namun, Anda harus berhati-hati agar tidak kehilangan atau merusak dompet kertas tersebut. Dilansir Jember Terkini dari Kanal YouTube RF Channel, keamanan penyimpanan dompet kertas cukup terjamin meskipun kurang modern. 

3.Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Saat menggunakan platform exchange atau dompet digital, pastikan untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor. 2FA menambah lapisan keamanan dengan meminta verifikasi tambahan saat login, biasanya berupa kode yang dikirimkan ke ponsel Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Analisis Fundamental pada Proyek Kripto? Begini Penjelasannya

4. Perbarui Perangkat Lunak Secara Berkala

Selalu perbarui perangkat lunak dompet dan perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses cryptocurrency. Pembaruan ini sering kali mencakup perbaikan keamanan yang penting untuk melindungi aset Anda dari ancaman terbaru.

5.Hindari Menyimpan Cryptocurrency di Exchange

Menyimpan cryptocurrency di exchange berisiko karena platform tersebut sering menjadi target peretasan. Sebaiknya pindahkan cryptocurrency ke dompet pribadi setelah selesai melakukan transaksi.

Kesimpulan 

Dalam menjaga keamanan cryptocurrency, langkah-langkah seperti menggunakan dompet hardware, dompet kertas, mengaktifkan autentikasi dua faktor, memperbarui perangkat lunak secara berkala, dan menghindari menyimpan aset di exchange adalah kunci untuk melindungi investasi Anda dari ancaman peretasan. Dengan mengutamakan keamanan dan tetap waspada, Anda dapat memastikan bahwa cryptocurrency Anda tetap aman dan terlindungi. Keamanan aset digital merupakan tanggung jawab pribadi yang harus dikelola dengan hati-hati.

Konten berikut adalah iklan otomatis yang ditampilkan oleh Advernative. JemberTerkini.ID tidak terkait dengan materi konten ini.

Ketik kata kunci lalu Enter

close