TpMlGUr8GSM9GpOiTSM6TSO0TY==

7 Fakta Menarik tentang Persid Jember: Dari Sejarah hingga Kondisi Terkini

Stadion Jember Sport Garden /JemberTerkini.Id

Jember Terkini - Persid Jember adalah salah satu klub sepak bola yang berkompetisi di Liga 3 Indonesia dengan sejarah panjang selama 72 tahun. 

Klub ini menjadi kebanggaan masyarakat Jember, dan banyak yang penasaran tentang sejarah hingga kondisi terkini klub ini. 

Dilansir Jember Terkini dari Berbagai Sumber, berikut 7 fakta menarik tentang Persid Jember:

Sejarah Persid Jember

Persid Jember, singkatan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Djember, berdiri sejak 20 Mei 1952 dan dijuluki "Macan Raung".

Klub ini lahir di tengah hangatnya kompetisi Perserikatan dan kini menjadi klub tertua di Liga 3. Kendala utama yang dihadapi adalah minimnya pendanaan untuk memajukan sepak bola di Jember.

Kiprah Persid Jember

Pada awal berdirinya, Persid Jember mengikuti kejuaraan PSSI tahun 1964 dan kalah dari Persidja dengan skor 9-0. 

Di era 2000-an, Persid Jember memiliki banyak pemain berbakat seperti kapten Putut Wijanarko, dan pada 2002, mereka menjuarai kompetisi Divisi II. 

Di tahun 2017, tim U-17 meraih juara kedua Piala Suratin Zona Jawa Timur. Persid Jember juga pernah melakukan uji coba melawan Timnas Indonesia U-19.

Kasta Tertinggi yang Pernah Diikuti

Setelah menjuarai Divisi II tahun 2002, Persid Jember lolos ke Divisi I (Liga 2) namun tak bertahan lama. 

Pada tahun 2011, Persid Jember naik kasta ke Liga 2 namun kembali terdegradasi. 

Sejak 2015, mereka berada di Liga Nusantara (Liga 3) setelah PSSI menerima sanksi dari FIFA.

Pemain Jebolan Persid di Timnas Indonesia

Persid Jember melahirkan banyak pemain berbakat yang membela Timnas Indonesia seperti penjaga gawang Hendro Kartiko, Anton Wahyudi, Bayu Gatra (sekarang di Madura United), striker U-19 Sabeq Fahmi Fahrezy, dan penjaga gawang U-20 Erlangga Setyo Dwi Saputra.

Stadion Persid Jember

Persid Jember memiliki dua stadion: Notohadinegoro dan Jember Sport Garden. Stadion Notohadinegoro menjadi home base untuk pertandingan dan latihan rutin, sementara Jember Sport Garden yang berkapasitas 20 ribu penonton digunakan untuk event besar saja.

Komunitas Suporter

Persid Jember memiliki komunitas suporter setia bernama Berni (Jember Berani). Sebelumnya, suporter Persid dikenal dengan nama Persidmania, Gangster, dan New Gangster. 

Gangster dan New Gangster sempat dikenal sering membuat kerusuhan, namun kini mereka bersatu menjadi Berni yang menciptakan anthem "Kuculik Fortuna Untukmu."

Kondisi Terkini Persid Jember

Menyambut Liga 3 pada Oktober mendatang, Persid Jember harus segera mempersiapkan diri. 

Namun, manajemen klub masih sibuk mengurus permasalahan non teknis dan baru-baru ini meminta fasilitas kantor di Stadion Jember Sport Garden serta menjadikan stadion tersebut sebagai home base agar pemain bisa berlatih dan bertanding di sana.

Itulah 7 fakta menarik tentang Persid Jember, klub kebanggaan masyarakat Jember yang segera berlaga di Liga 3.

Konten berikut adalah iklan otomatis yang ditampilkan oleh Advernative. JemberTerkini.ID tidak terkait dengan materi konten ini.

Ketik kata kunci lalu Enter

close