TpMlGUr8GSM9GpOiTSM6TSO0TY==

Bangga Atas Keberhasilan Kerja Keras Pemdes Arjasa, Begini Fakta Menggeliatnya Pariwisata Jember di Hyang Argopuro Festival VIII 2024

Bangga Atas Keberhasilan Kerja Keras Pemdes Arjasa, Begini Fakta Menggeliatnya Pariwisata Jember di Hyang Argopuro Festival VIII 2024. /Disparbud Jember


Jember Terkini - Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember akan menjadi tuan rumah acara spektakuler, "Hyang Argopuro Festival VIII 2024," yang akan digelar pada 12-13 September 2024. 

Acara ini diungkapkan oleh Ketua Pokdarwis Desa Arjasa, Sugianto, bersama Kadisparbud Kabupaten Jember, Bambang Rudianto, S.sos, pada Senin (29/07/2024) siang.

Kadisparbud Kabupaten Jember, Bambang Rudianto, menyatakan bahwa festival ini merupakan bukti nyata semakin menggeliatnya dunia pariwisata di Kabupaten Jember. 

Festival ini termasuk dalam program "Senandung Dewi 2024" dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang diluncurkan oleh Menparekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno, di Jakarta pada 1 Juli 2024.

Menampilkan Budaya Asli Jember

Hyang Argopuro Festival VIII 2024 akan menampilkan kearifan lokal, terutama yang ada di lereng Hyang Argopuro. 

Disparbud Jember akan mendukung acara ini dengan menyediakan fasilitas bagi lima desa wisata, termasuk desa wisata adat, budaya, dan kuliner. 

Dukungan ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar desa wisata.

"Bentuk fasilitas berupa pelatihan, bimbingan teknis, workshop, sosialisasi, dan lainnya. Kami memberikan fasilitas agar mereka bisa mengakses semua program baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun kementerian," ujar Bambang Rudianto.

Kolaborasi untuk Memajukan Pariwisata

Bambang Rudianto menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah desa, Disparbud, komunitas, akademisi, dan media. 

"Intinya, kita jalin komunikasi dengan semua pemangku kepentingan untuk memajukan dunia pariwisata. Dengan begitu, pariwisata di Kabupaten Jember bisa benar-benar berjaya dan semakin keren, seperti yang kita harapkan bersama," ungkapnya.

Peningkatan Kunjungan Wisatawan

Ketua Pokdarwis Desa Arjasa, Sugianto, mengungkapkan bahwa jumlah pengunjung desa wisata adat mencapai 104 ribu, termasuk 627 wisatawan mancanegara dari berbagai negara seperti Australia, Portugal, Amerika, Yordania, Cina, Korea Selatan, dan Jepang. 

Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras pemerintah desa Arjasa.

"Hasil kerja keras ini diawali dengan kajian dan analisis potensi wisata di Desa Arjasa, yang kemudian dibuat roadmap dan pengembangan industri kepariwisataan desa. Hasilnya dituangkan dalam Peraturan Desa No 8 Tahun 2019 tentang wisata desa dan budaya tak buatan," pungkas Sugianto.

Hyang Argopuro Festival VIII 2024 diharapkan dapat semakin mengukuhkan posisi Jember sebagai destinasi wisata yang menarik dan beragam, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Konten berikut adalah iklan otomatis yang ditampilkan oleh Advernative. JemberTerkini.ID tidak terkait dengan materi konten ini.

Ketik kata kunci lalu Enter

close